Bakat Sih

Table 19

“No tricks, no tools, but talent makes a task truly top class.” – Amit Kalantri

Ada yang disebut dengan bakat. Dan, saya yakin, setiap orang memilikinya. Apapun itu. Setiap orang unik, bukankah begitu?


Sebut saja namanya Sih. Remaja asal desa di ujung tenggara sana. Dari keluarga sederhana. Ayahnya petani biasa sementara sang ibu menyibukkan diri mengurus keluarga. Tidak ada yang istimewa. Biasa-biasa saja. Tapi, tidak ada yang biasa ketika Sih mulai bercerita. Kapan pun, di mana pun, dan tentang apapun.


Fantastis? Tergantung dari sudut pandang mana. Cerita-cerita Sih bukanlah hal-hal yang fantastis, keajaiban magis, atau kisah romantis. Sih remaja yang sederhana, jangan lupa tentang itu. Dunianya hanya tentang desa di tengah hamparan sawah.


Legenda atau mitos tak pernah masuk ke telinga Sih. Di tengah keheningan desa, cerita-cerita menakutkan hanya membuat keheningan semakin menyiksa, begitu putus kedua orangtua Sih.


Cerita Sih hanya tentang hal yang biasa. Tentang sawah yang selalu dilihatnya setiap hari, atau tentang kerbau yang menemani Ayahnya bekerja, atau tentang kayu bakar yang menyulut nyala api di kompor Ibu, atau tentang hal-hal yang memang menjadi bagian dari kehidupan Sih sehari-hari—juga kehidupan pendengar cerita Sih. Tapi, itulah bakat Sih. Bahkan dengan menceritakan hal-hal yang biasa, sangat biasa, dia membuatnya menjadi cerita yang tidak biasa.


Setiap saat. Seberapa pun berulang, tiada yang pernah pergi meninggalkan sebelum cerita usai. Seperti ada yang membius, semua orang berkumpul ketika Sih mulai bercerita. Duduk berkumpul, mendengarkan, terbuai, masuk dalam cerita yang sebenarnya merupakan kehidupan mereka sehari-hari—hanya dalam versi yang disampaikan Sih.


Itulah Sih, dengan kisahnya. Dan film yang satu ini, saya yakin bukanlah cerita Sih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s