Preambule

5-flights-up
5 Flights Up

Seberapa besar ukuran hingga suatu bangunan dapat dikatakan tempat tinggal? Setiap orang, berdasar kemampuan dan kemauan, memiliki ukurannya masing-masing. Sebagian yang memiliki kesempatan dapat memilih dan membangun tempat tinggal sesuai dengan yang diinginkan. Bangunan besar di atas sebuah bukit. Di atas ketinggian, dengan pemandangan padang menghampar di halaman depan. Di belakang, panorama yang lebih luas terhampar bebas. Sejauh mata memandang, yang terlihat hanya hamparan. Tidak ada bangunan lain yang mengganggu pemandangan dari balkon kamar. Di dalam, ruang-ruang berdiri dengan leluasa. Satu sama lain tidak saling menyesaki. Ada banyak keleluasaan yang ditawarkan. Ada privasi besar yang disediakan bagi setiap orang yang tinggal di dalamnya. Satu sama lain tidak saling mengganggu. Satu sama lain dapat menyimpan dunianya sendiri, meski berada di dalam bangunan yang sama.

Sebuah jalan berliku khusus dibuat untuk menuju bangunan. Mengikuti alur tubuh alam, liukan aspal abu-abu merayap bagai tubuh ular. Melintas di atasnya, mata akan dihibur dengan pemandangan yang dapat berakibat kematian – ketika terbius hingga lupa pada jurang yang ada di tepi.

Ada pula yang menjadikan samudera sebagai halaman belakang. Alunan ombak dan siulan angin laut menjadi terapi yang menangkan. Dinding kaca melingkar di setiap sisi bangunan. Berlapis tirai berwarna cerah yang tipis, beberapa bagian jendela dibiarkan terbuka kala siang agar alam dapat leluasa masuk ke dalam bangunan.

Ada banyak pilihan yang tersedia bagi yang diberi keberuntungan untuk dapat memilih tempat tinggal bagi mereka. Sementara, ada pula yang harus memendam dalam-dalam keinginan karena pilihan bagi mereka adalah sebuah impian.

Bukan sekadar bangunan. Bukan pula sekadar tempat berlindung atau beristirahat. Ada konsep yang begitu kompleks meliputi bangunan sederhana yang disebut rumah.

*Bagian awal dari, yang menurut rencana, ‘proyek berikutnya’. Semoga bagian-bagian berikutnya terealisasi. Amin…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s