This is England

Spectre

Spectre

Sutradara: Sam Mendes

Penulis: John Logan, Neal Purvis,

Pemain: Daniel Craig, Christoph Waltz, Léa Seydoux, Ralph Fiennes, Monica Bellucci, Ben Whishaw, Naomie Harris, Dave Bautista, Andrew Scott, Rory Kinnear, Jesper Christensen, Alessandro Cremona, dan Stephanie Sigman

Mari singkirkan sejenak pandangan naïf bahwa film adalah sekadar media hiburan. Dalam perkembangannya, film menjadi salah satu media yang sangat menarik dan banyak sekali dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Posisi film sebagai salah satu media hiburanlah yang, ironisnya, menjadi penyebabnya. Ketika film (diproyeksikan akan) ditonton oleh sekian juta orang, akan ada banyak kepentingan yang berusaha keras untuk memasukkan “pandangannya” ke dalam film tersebut. Contoh sederhana adalah iklan.

Bukan rahasia umum film sudah menjadi “iklan”. Berbagai perusahaan rela mengeluarkan bujet besar agar produknya dapat tampil, dan bahkan dengan pandangan positif, di sebuah film. Tetapi, bukan berarti segala “pandangan” yang menyusup masuk ke dalam film selalu disertai dengan dana besar. Ada kalanya “pandangan” tersebut lebih karena idealisme atau rasa kecintaan yang begitu besar pada suatu hal.

Salah satunya yang terjadi dalam proses pembuatan The Italian Job. Ketika mencari-cari informasi mengenai film ini, saya mendapati keterangan bahwa sebenarnya Fiat (salah satu produsen mobil asal Italia) sangat berminat menjadi sponsor dalam film ini. Bahkan, bukan sponsor biasa. Dari yang saya baca,Fiat bersedia menanggung seluruh biaya produksi film ini. Tapi, dengan satu syarat: mobil yang digunakan oleh Michael Caine dan rekan-rekannya ketika melakukan aksi perampokan dan kabur dari kejaran polisi adalah Fiat. Namun karena alasan nasionalisme, tawaran menggiurkan itu pun ditolak. Sialnya, Fiat bahkan seakan menjadi “guyonan” dalam film ini.

Cerita mengenai The Italian Job dan Fiat kembali muncul ketika saya menonton Spectre. Tidak separah seperti yang digambarkan dalam The Italian Job memang, tapi tetap saya membuat saya berpikir bahwa orang Inggris merupakan orang dengan rasa kecintaan yang begitu besar pada bangsanya (atau dalam sudut pandang lain adalah bangsa yang begitu ego hingga tanpa malu merendahkan bangsa lain).

Ketika penyamarannya diketahui, James Bond yang berusaha melarikan diri harus terlibat aksi kejar-kejaran. Sebagai agen rahasia dari Inggris, sang 007 menggunakan versi terbaru dari salah satu produsen mobil asal Inggris, Aston Martin. Mungkin hanya sekadar kebetulan atau kesengajaan, aksi ini pun terjadi di Italia. Penjahat yang mengejar James Bond pun menggunakan mobil keluaran Italia. Jika dalam The Italian Job yang terjadi adalah aksi produsen mobil kecil (Mini vs Fiat), di sini yang terlibat adalah dua produsen sportscar (Aston Martin vs Lamborghini) – tentunya sesuai dengan citra sang agen rahasia yang perlente.

Saya akui, yang dilakukan di sini tidaklah semerendahkan seperti yang terjadi di The Italian Job. Mobil Italia menunjukkan kemampuan yang sepadan seperti mobil produksi Inggris. Di pertengahan aksi kejar-kejaran, mobil banteng bahkan berhasil menyusul, dan mobil Inggris harus melakukan manuver untuk menghindar. Plus, senjata rahasia berupa kobaran api yang menghalangi pandangan pengendara Lamborghini. Lagipula, di film ini, mobil yang tercebut ke sungai adalah Aston Martin.

Namun, tetap saja, satu hal yang harus dipahami adalah: seberapa pun hebatnya buatan Italia, masih saja tidak mampu “menangkap” buatan Inggris. Saya tidak tahu pasti apakah diadakannya adegan ini memiliki alasan yang sama seperti yang terjadi di The Italian Jobtapi bagi saya orang Inggris (meski film ini diproduksi oleh Amerika) tetap mempertahankan kecintaan (ego) bangsanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s