Three for Some

eleanor-rigby

The Disappearance of Eleanor Rigby: Him, Her, & Them

Sutradara: Ned Benson

Penulis: Ned Benson

Pemain: Nina Arianda, Jessica Chastain, Viola Davis, Bill Hader, Ciarán Hinds, Isabelle Huppert, William Hurt, James McAvoy, dan Jess Weixler

 

Ada pertanyaan-pertanyaan yang berulang kali muncul di benak saya sejak beberapa tahun lalu: seperti apa dunia yang dilihat orang lain? Apakah seperti yang saya lihat? Apa Tuhan begitu “kreatif” dan membuat dunia bagi masing-masing mahluk yang dicipta-Nya? Atau, sebenarnya hanya “saya” yang nyata sementara yang lain hanya “pelengkap” bagi keberadaan “saya”?

Memusingkan? Memang. Begitulah pikiran orang yang terlalu banyak ruang kosong di kepalanya. Begitu kosong sampai-sampai “mencari-cari” hal-hal yang sebenarnya enggak terlalu penting untuk mengisi, biar ga terlalu kosong.

Saya selalu penasaran yang dilihat orang lain. Itu saja, sih. Ingin tahu dunia dari pandangan orang lain. Dunia dari berbagai sudut pandang, bahasa kerennya. Makanya, saya selalu tertarik pada sesuatu yang menawarkan beragam sudut pandang. Entah itu buku atau film. Bagi saya, karya-karya yang menawarkan beberapa sudut pandang terhadap suatu kejadian memberikan pengalaman yang berbeda.

Saya sangat menikmati ketika membaca Pulang. Selain karena penceritaan yang mengalir, perpindahan sudut pandang di setiap bab pun membuat pengalaman membaca novel ini menjadi sangat menyenangkan.

Karenanya, ketika mendengar tentang tiga film ini, saya langsung mengunduhnya (maaf, saya bukan pendukung gerakan anti-bajakan). Satu cerita, tentang pasangan suami-istri yang berduka setelah kematian anak mereka. Masing-masing diberi kesempatan bercerita menurut sudut pandang mereka. Plus, bonus sudut pandang orang ketiga. Bukankah itu sesuatu yang menarik?

Probabilitas

We live in a world full of probablys,” begitu ujar Alexis, salah satu tokoh dalam ketiga film ini. Dunia ini penuh dengan segala kemungkinan. Berbagai kemungkinan itulah yang membuat saya tertarik pada cerita-cerita dari berbagai sudut pandang. Dan, bicara soal probabilitas, Mr. Nobody menggambarkannya dengan sangat baik. Just an intermezzo.

Balik ke ketiga film ini.

Saat mulai menonton, sebuah reli yang cukup panjang (walau tidak sepanjang trilogi The Lord of the Rings) saya bersiap untuk dibuat terbuai. Mendapat pengalaman menyaksikan cerita yang kaya akan sudut pandang. Tapi ternyata, saya harus kecewa.

Yang saya tonton ternyata tiga film yang katanya menyajikan tiga sudut pandang. Katanya. Setidaknya begitu menurut sinopsis singkat yang saya baca. Pada kenyataannya, tiga sudut pandang yang dibilang, menurut saya, tidak lebih dari stok pengambilan gambar yang cukup banyak. Hanya cukup banyak. Terlalu banyak untuk sebuah film, tapi tidak untuk tiga film.

Saya memang melakukan kesalahan ketika mulai menonton ketiga film ini. Salah dalam rangkaian. Seharusnya, kalau menurut jadwal tayang, rangkaian dimulai dari Him lalu ke Her dan berakhir dengan Them. Sementara, saya memulainya dengan Her lalu ke Him dan terakhir Them. Tidak terlalu bermasalah sebenarnya, walau sempat mengalami kebingungan di awal karena dikejutkan dengan seorang wanita yang tiba-tiba coba bunuh diri.

Namun, itu bukan masalah besar. Toh, setelah mengikuti jalannya cerita, saya dapat mengerti masalah yang dihadapi si tokoh wanita sampai kemudian dia memutuskan coba bunuh diri.

Ini bukan sekadar masalah urutan film mana yang harus ditonton lebih dulu. Ini soal sudut pandang. Janji akan sebuah pengalaman menonton yang menarik. Janji, yang menurut saya, tidak dapat terpenuhi.

Menonton tiga film ini seperti hanya mengulang menonton sebuah film. Cerita yang sama dengan hanya sedikit perbedaan gambar yang disajikan. Soal perbedaan sudut pandang? Hmm… sepertinya itu harus dilupakan.

Memang, terutama pada Him dan Her, terdapat bagian yang khusus. Bagian yang fokus pada salah satu tokoh. Tapi, itu sekadar menyajikan kejadian yang berbeda. Kejadian yang tidak (atau setidaknya kurang) menjelaskan perbedaan sudut pandang. Sesuatu yang sangat saya harapkan dari ketiga film ini.

Leave a Reply

