Tercebur… ke Surga

Million Dollar Arm

2014-Amerika Serikat

Sutradara: Craig Gillespie

Penulis: Thomas McCarthy

Pemain: Jon Hamm, Aasif Mandvi, Alan Arkin, Pitobash, Suraj Sharma, Madhur Mittal, Lake Bell, dan Alan Arkin

Million-Dollar-ArmAda sebagian manusia di dunia ini yang beruntung. Perjalanan hidupnya seakan mengalir dengan mulus – meski nyatanya tidak semulus yang dikira, tapi tetap saja terlihat berjalan dengan baik bagi orang lain. Jalan hidup yang dijalani oleh orang-orang ini sepertinya sudah disiapkan dengan begitu matang, sehingga pada akhirnya mereka dapat meraih kesuksesan.

Bukan suatu keberuntungan semata, karena, pada dasarnya, mungkin secara tidak sadar, mereka telah mempersiapkan diri untuk menyambut kesempatan besar yang datang. Latihan demi latihan serta pengembangan diri yang dilakukan membuat mereka menjadi manusia yang mumpuni. Karenanya, ketika kesempatan itu datang, mereka telah siap. Mereka sambut dengan tangan terbuka – dan mungkin inilah alasan orang-orang lain melihat kehidupan mereka mengalir dengan sangat mulus.

Rinku dan Dinesh tidak pernah bermimpi mereka akan menjadi atlet profesional. Kalau pun keduanya setidaknya pernah mengasah diri di sekolah olahraga, bukan berarti atlet adalah tujuan hidup. Tumbuh di negara yang mayoritas penduduknya menggilai kriket, kedua remaja ini justru anti pada olahraga terpopuler di India tersebut. Masing-masing menyukai olahraga yang berbeda. Yang sama, keduanya mendapatkan kesempatan untuk menjadi atlet profesional.

Yang membuat iri adalah kesempatan menjadi atlet profesional itu bukanlah dari olahraga yang dikenal masyarakat India. Baseball bukanlah olahraga yang digemari atau bahkan dikenal oleh masyarakat India. Ambisi seorang pebisnis Amerika yang sedang berusaha memperbaiki karierlah yang memperkenalkan salah satu olahraga terpopuler di Amerika ini kepada masyarakat India – sekaligus membuka kesempatan yang tak pernah disangka oleh kedua pemuda tadi.

Hidup yang dijalani Rinku dan Dinesh sepertinya berjalan dengan sangat mudah. Mengikuti sebuah ajang pencarian bakat, keduanya terpilih menjadi juara 1 dan 2 serta mendapat kesempatan berlatih di Amerika – juga kemungkinan mendapat kontrak dari klub baseball profesional di Negeri Paman Sam tersebut. Tetapi sesungguhnya, Rinku dan Dinesh sudah mempersiapkan diri untuk kesempatan besar tersebut. Mereka sudah melatih tubuh hingga mampu melempar bola dengan sangat cepat serta akurasi yang baik. Karenanya, ketika kesempatan itu datang, mereka menyambutnya dengan sangat terbuka. Mereka terpilih menjadi yang terbaik di antara ribuan masyarakat India yang mengikuti ajang pencarian bakat tersebut.

Rinku dan Dinesh mungkin tidak pernah menyangka latihan yang selama ini mereka jalani akan membawa keberuntungan tersendiri. Mungkin saja, selama menjalankan latihan tersebut, mereka hanya bersenang-senang. Melakukan kegiatan yang menyenangkan diri. Tetapi, ketika kesempatan itu datang, terlalu sayang untuk dianggap sebagai kesenangan. Tercebur, secara etimologi, merupakan kegiatan yang terjadi tanpa disengaja. Bukan atas keinginan subjek yang mengalami kejadian tersebut. Yang menjadi pertanyaan, akankah menolak ketika ternyata yang tidak sengaja itu membawa diri kepada surga? Nikmatilah. Tidak semua mendapat keberuntungan seperti itu. Bukan sekadar keberuntungan, sebenarnya, karena secara tak sadar diri telah melakukan persiapan untuk menyambut kesempatan itu. Kesempatan, serta kesiapan, yang membuat Rinku dan Dinesh menjadi atlet India pertama yang mendapat kontrak dari klub baseball profesional di Amerika – sekitar 10 bulan setelah keduanya diperkenalkan pada olahraga tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s