May Day

Menurut kamus, berikut makna beberapa kata yang dalam bahasa Inggris sepadan dengan ‘worker’.

Buruh: orang yang bekerja untuk orang lain dengan
mendapat upah; pekerja;

Pekerja: 1 orang yang bekerja; 2 orang yang menerima
upah atas hasil kerjanya; buruh; karyawan;

Karyawan: orang yang bekerja pada suatu lembaga
(kantor, perusahaan, dsb) dengan mendapat gaji
(upah); pegawai; pekerja;

Pegawai: pekerja di kantor; karyawan;

Dari empat kata tersebut, ‘karyawan’ dan ‘pegawai’ yang diberi penjelasan mengenai lokasi (tempat) mereka bekerja. Seseorang disebut ‘karyawan’ atau ‘pegawai’ jika bekerja di tempat yang bernama ‘kantor’. Sementara bagi yang tidak bekerja di kantor, digunakan istilah ‘buruh’ dan ‘pekerja’.

Dengan menyisihkan ‘pekerja’ yang bisa dianggap sebagai kata umum, mungkin karena definisi itulah ‘buruh’ yang dipilih sebagai sebutan bagi kaum yang memperjuangkan nasibnya setiap 1 Mei.

Tidak salah. Dalam hal ini, buruh bekerja di pabrik sementara karyawan dan pegawai bekerja di kantor. Itu kalau yang dipermasalahkan adalah soal tempat seseorang bekerja.

Namun, baik di kantor maupun di pabrik, tidak hanya buruh, pegawai, dan karyawan yang melakukan pekerjaan mereka di sana. Sang pemilik usaha pun melakukan aktivitasnya di tempat itu. Tapi, walau melakukan aktivitas di tempat yang sama, golongan ini tidak bisa disebut buruh, pegawai, atau karyawan. Mereka adalah pemilik usaha. Mereka bukan pekerja, tapi mempekerjakan. Merika tidak menerima gaji, tapi memberi gaji. Dan, dalam definisi di kamus soal gaji pun disinggung.

Dalam definisi ‘pegawai’ memang tidak disinggung mengenai gaji. Tapi, kata ini merujuk (sinonim) dengan kata ‘karyawan’ – yang menyinggung soal gaji. Jadi, ya, bisa dibilang secara tidak langsung ‘gaji’ menjadi bagian dari makna ‘pegawai’.

Tidak hanya ‘karyawan’, ‘buruh’ pun memiliki ‘gaji’ sebagai bagian dari definisinya.

‘Gaji’ itulah yang menjadi syarat utama seseorang disebut ‘pekerja’ – baik buruh, pegawai, maupun karyawan.

Tanpa bermaksud apapun, sepertinya May Day menjadi ‘monopoli’ golongan tertentu. Bahwa hanya satu golongan yang punya kepentingan terhadap hari itu: buruh. Sementara, karyawan dan pegawai bukanlah golongan yang punya kepentingan terhadap May Day.

Dengan menggunakan ‘buruh’, May Day seperti hanya menjadi urusan para pekerja yang gajinya di bawah upah minimum, atau mungkin tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sementara bagi yang gajinya sudah besar, yang sudah ditunjang berbagai fasilitas, May Day hanyalah pepesan kosong. Makanya, tak heran jika masyarakat – juga media – membuat batas antara buruh denga pegawai/karyawan.

Pada May Day, buruh yang berdemonstrasi seperti menjadi penyebab keresahan bagi pegawai/karyawan. Aksi demosntrasi mereka membuat jalan macet. Sehingga ketika jam pulang kantor tiba, dikhawatirkan arus lalu lintas akan kacau. Kemacetan parah akan terjadi.

Berpikir agak radikal dan lebih jauh, penggunaan istilah ‘buruh’ seperti upaya yang pernah dilakukan Belanda di masa penjajahan dulu. Dengan membedakan peranakan Melayu dengan Tionghoa, bangsa Belanda cukup mudah mengendalikan kondisi di nusantara. Begitu pula dengan istilah ‘buruh’. Dengan memilih istilah khusus, pemerintah seperti mengarahkan bahwa yang berkepentingan dengan May Day hanya sebagian orang. Bayangkan kalau yang digunakan adalah ‘pekerja’. Tidak hanya yang bekerja di pabrik, tapi yang bekerja di kantor pun akan merasa May Day adalah hari ketika mereka bisa bersuara. Dan kalau sudah begitu, bukan hanya jalan-jalan protokol yang dipenuhi demonstran, tapi seluruh penjuru kota akan menjadi tempat bagi para pekerja menyuarakan aspirasi mereka.

Contribute to Simple Survey

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s