Be Smart, Please…

Lanjutan penyisihan Grup C Piala Eropa 2012. Tim nasional Spanyol bertemu tim nasional Republik Irlandia. Hasil akhir, 4-0 untuk kemenangan tim matador. Fernando Torres, penyerang yang menjadi sorotan dalam dua musim terakhir karena gol yang dihasilkan tidak sebanding dengan biaya transfer, mencetak dua gol. Sementara, dua gol lainnya disumbangkan David Silva dan Cesc Fabregas. Media pun ramai memberitakan hasil pertandingan ini, dan ada dua pemberitaan yang patut dicermati.

Pemberitaan pertama yang dilakukan oleh MetroTV. Dalam pemberitaan mengenai kemenangan tim nasional Spanyol tersebut, MetroTV menyebut tim nasional Spanyol dipastikan lolos ke babak selanjutnya.

Memang, kemenangan itu membuat Spanyol berada di puncak klasemen sementara. Dengan poin 4 dan agregat gol 5 berbanding 1, tim matador berada di atas Kroasia yang memiliki poin sama, tapi kalah dalam agregat gol. Tapi, masih terlalu dini untuk menyebut Spanyol berhasil lolos ke fase berikut. Karena, masih ada satu pertandingan lagi. Spanyol masih harus menghadapi Kroasia, sementara di pertandingan lain, Italia, yang mengumpulkan poin 2, akan menghadapi Republik Irlandia.

Hasil pertandingan terakhir di fase grup akan sangat menentukan tim mana saja yang akan lolos ke fase berikutnya. Spanyol dan Kroasia yang memiliki poin 4 memang memiliki peluang besar untuk lolos ke fase berikut, tapi jangan lupakan Italia yang juga masih memiliki peluang untuk lolos ke fase berikutnya.

Bagaimanapun, posisi Spanyol dan Kroasia masih belum aman. Bermain imbang bisa membuat Kroasia tidak lolos, jika di pertandingan lain Italia berhasil menang dengan agregat lebih dari dua gol. Karenanya, Kroasia harus mencari kemenangan demi memastikan lolos ke fase berikutnya. Kalau itu yang terjadi, dan Italia juga menang atas Republik Irlandia dengan skor berapapun, maka Kroasia dan Italialah yang akan lolos. Berbagai kemungkinan masih bisa terjadi. Dan yang pasti, Spanyol belum bisa dipastikan lolos ke fase berikut.

Pemberitaan lain dilakukan oleh GlobalTV. Masih terkait dengan kemenangan Spanyol atas Republik Irlandia, GlobalTV mengangkat berita tentang rekor yang berhasil diukir salah satu pemain Spanyol, Xavi Hernandes. Dalam pemberitaan tersebut, disebut gelandang Barcelona ini berhasil memecahkan rekor umpan terbanyak dalam satu pertandingan. Jumlah umpan yang dilakukan mencapai sekitar 120 dalam satu pertandingan (saya lupa jumlah tepatnya). Wow! Saya terkejut. Bagaimana mungkin dia memberikan umpan sebanyak itu sementara skor akhir hanya 4-0? Lagipula, dalam ajang seperti Piala Eropa, sepertinya agak janggal ada skor yang mencapai 10-0, bahkan lebih.

Saya lalu mengikuti pemberitaan itu hingga selesai. Dan ternyata, GlobalTV keliru dalam pemilihan padanan kata dalam pemberitaan tersebut.

Dari gambar yang ditayangkan dan dengan sedikit menggunakan pikiran, ternyata yang dimaksud dalam pemberitaan ini bukanlah ‘umpan’, tapi istilah lain yang memang memiliki makna hampir mirip dengan istilah itu.

Dalam sepakbola, terdapat dua istilah untuk menyebut bola yang diberikan oleh seorang pemain kepada rekannya. Dalam bahasa Inggris, kedua istilah ini adalah passing dan assist. Passing adalah setiap kali seorang pemain memberikan bola kepada rekannya, sementara jika bola yang diberikan tersebut bisa dijadikan gol oleh rekannya, maka istilahnya berubah menjadi assist. Bahasa Indonesia memiliki padanan untuk kedua istilah ini. Oper atau operan untuk passing dan umpan untuk assist. Dan dalam pemberitaan GlobalTV tersebut, yang dimaksud dengan umpan sebenarnya adalah operan. Xavi Hernandes berhasil memecahkan rekor melakukan operan terbanyak dalam satu pertandingan, sekali lagi bukan umpan.

Jadi, sekadar memberi saran buat para pekerja media, sebaiknya lebih berhati-hati dalam melakukan pemberitaan. Karena, ada jutaan orang yang akan melihat kecerdasan, atau kebodohan, pemberitaan yang kalian lakukan.

Contribute to Simple Survey

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s