SENDIRI

Tak perlu mengkhawatirkan aku karena aku melalui perjalanan ini sendiri. Tak perlu gelisah, karena aku tidak merasakannya.

Biarkanlah aku menjalaninya tanpa teman. Aku hanya ingin melakukannya. Tak peduli ada seorang teman atau tidak, aku hanya ingin melakukan perjalanan ini.

Memang harus kuakui, kadang perasaan sepi itu datang. Di saat malam, ketika kegelapan begitu terasa mencekam. Udara dingin perlahan menusuk. Merasuk bersama aliran darah ke seluruh tubuh. Hanya beberapa lapis kain yang melindungi. Berusaha untuk menghangatkan diri. Kedua tangan terselip di antara kedua kaki yang menghimpit. Berusaha bertahan dari dingin. Berharap ada teman untuk berbagi. Saling memberi kehangatan. Saling memeluk. Berdekapan untuk saling menguatkan. Tapi, tidak. Teman itu tidak ada. Hanya ada sebuah tas lusuh yang menemani.

Bahkan, kesendirian kadang membuatku tidak yakin dengan perjalanan yang sedang dilakukan. Tapi, mau apalagi. Aku hanya ingin menjalankannya.

Terlalu egois jika aku menginginkan seorang teman dalam perjalanan ini. Mungkin tidak ada seorang pun yang ingin menemani dalam perjalanan ini. Dan, aku tidak bisa memaksa mereka untuk ikut dalam perjalanan ini. Ini perjalananku. Jadi, akulah yang harus menjalankannya.

Beberapa kali memang ada teman yang mendampingi dalam perjalanan ini. Tapi kini, mereka sudah tidak ada lagi bersamaku. Mereka sedang melakukan perjalanan mereka. Entah, sendiri atau dengan seorang teman yang lain.

Tidak perlu kecewa karena teman-teman itu kini tidak ada lagi bersamaku. Aku tidak kecewa. Dan, tidak sepatutnya kecewa.

Masing-masing dari kita memiliki perjalanannya masing-masing. Tiap orang harus menyelesaikan perjalanannya. Karenanya, ketika mereka memutuskan untuk berpisah denganku dalam perjalanan ini, aku tidak kecewa. Memang sudah waktunya bagi mereka untuk melakukan perjalannya.

Contribute to Simple Survey

Leave a Reply

